Pelatihan PKM sebagai Langkah Awal Menggali Ide Kreatif Mahasiswa dalam Upaya Peningkatan Prestasi Akademik

Bertempat di meeting room Kampus 2 Unit B UAD, Minggu (4/6/2017), telah terlaksana pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) oleh HMPS Pendidikan Biologi  dengan mengusung tema “Langkah Awal Membangun Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa Pendidikan Biologi”. Pelatihan PKM tersebut merupakan salah satu acara rutin yang diadakan Prodi Pendidikan Biologi guna memunculkan generasi-generasi baru dibidang karya ilmiah mahasiswa. “Pelatihan PKM ini tujuan awalnya adalah mengenalkan mahasiswa semester awal tentang tata cara penulisan karya ilmiah yang baik, selain itu juga mengajarkan bagaimana penyusunan proposal yang benar sehingga dapat ditindak lanjuti hingga sampai mengikuti perlombaan diluar kampus”, jelas Asih Wijiyati selaku ketua panitia pelatihan PKM 2017.

Pelatihan PKM tahun ini, ternyata banyak diminati oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi itu sendiri terbukti dengan jumlah peserta yang melebihi batas kuota. Kuota sebanyak 100 peserta disediakan oleh panitia, namun pada kenyataannya jumlah peserta yang terdaftar mencapai angka 102 bahkan tidak sedikit yang harus ditolak panitia karena jumlah kuota telah terpenuhi. “Panitia sebenarnya hanya menyediakan 100 kursi bagi peserta, tapi ternyata dari data yang telah masuk jumlahnya 102 orang. Jadi mau tidak mau panitia harus menambah jumlah kursi yang ada. Itupun sudah banyak peserta yang ditolak”, tutur bendahara kegiatan, Aan Fatimaula.pkm

Wakil Dekan FKIP, Dr. Suparman, M.Si., DEA saat memberikan materi didepan peserta pelatihan PKM.

Disamping itu, pemateri dalam acara pelatihan PKM ini juga merupakan seseorang yang memiliki banyak pengalaman dibidang karya tulis ilmiah yaitu Dr. Suparman, M.Si., DEA. dan Eko Sutrisno, S.Pd. Kedua pemateri tersebut sering kali mendapatkan banyak penghargaan atas karya-karyanya yang kreatif dan inovatif. Hal tersebut mengakibatkan tidak sedikit dari peserta pelatihan yang bertanya-tanya tentang kiat sukses PKM serta berbagai cara yang dapat ditepuh hingga bisa memunculkan ide kreatif mereka.

Pelatihan PKM tersebut ternyata tidak hanya diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Biologi semester awal saja, namun juga dari mahasiswa semester akhir. Selain dapat melatih kreativitas mahasiswa dalam berkarya,. Sebelumnya ada dua mahasiswi Pendidikan Biologi yang PKM nya lolos seleksi Dikti dengan judul “Protype Robot Terbang Penabur Pestisida Organik Pembasmi Hama Pertanian” yang diumumkan oleh Dikti awal maret lalu. “Diadakannya pelatihan PKM ini khusunya bagi semester 2 dan semester 4 pastinya sangat bermanfaat sekali, berhubung dari prodi Pendidikan Biologi sendiri terkait PKM itu saat ini masih kurang. Harapannya semoga kedepannya ada bibit-bibit PKM yang muncul dan dikirim ke Dikti”, tutur Rino Hariprasetyo, salah satu peserta pelatihan PKM dari semester 6. “Pelatihan PKM seperti ini merupakan hal penting yang perlu diikuti makasiswa. Karena bapak Joko Susilo selaku kaprodi juga sering sekali mengatakan bahwa mahasiswa merupakan komponen utama sebagai pendukung kegiatan akreditasi prodi. Apalagi jika banyak PKM dari mahasiswa pendidikan biologi yang lolos ke Dikti jelas akan sangat berpengaruh bagi meningkatnya akreditasi prodi kita sendiri”, tuturnya.

Panitia juga menyediakan Surat Keterangan Pendamping Ijasah (SKPI) bagi para peserta yang mengikuti pelatihan PKM 2017 tersebut dengan syarat mengirimkan karya ilmiah yang berbentuk abstrak. Karya Ilmiah tersebut dipilih berdasarkan minat dari masing-masing peserta sehingga tidak akan membatasi kreativitas dari mahasiswa itu sendiri. “Panitia telah membuat beberapa grup yang isinya pengelompokkan karya ilmiah hasil pemikiran peserta. Inilah yang menjadi salah satu bentuk langkah awal yang dimaksudkan dalam pelatihan PKM ini. Peserta dilatih membuat karya ilmiah dalam bentuk abstrak yang apabila nanti ingin mencoba dikirimkan ke Dikti, kami selaku panitia akan menindak lanjuti hal tersebut seperti mencari dosen pembimbing dan sebagainya”,  terang Asih Wijiyati.

Meskipun secara keseluruhan acara pelatihan PKM 2017 berlangsung lancar, hal tersebut tidak memungkiri adanya saran-saran tambahan yang membangun dari berbagai pihak. Salah satu diantaranya yaitu dari Ketua HMPS Pendidikan Biologi Periode 2017, Rahmat Nurhayadi, “Alhamdulillah acara pelatihan PKM 2017 kali ini berlangsung lancar, banyak dari mahasiswa yang ikut meramaikan acara dan terlihat sekali mereka sangat antusias selama berlangsungnya acara. Meski demikian, ada beberapa masukan dari saya mungkin untuk acara kedepannya. Kalau bisa, lebih dimatangkan lagi dalam segi konsep acaranya supaya kegiatannya benar-benar terkonsep dengan matang dan persiapannya kalau bisa lebih lama lagi. Karena bisa dibilang kemarin itu waktu persiapannya sangat singkat sekali. Dalam satu minggu kita (pengurus HMPS Pendidikan Biologi-red) mengadakan dua acara sekaligus dan hal itu bisa dibilang sesuatu yang baru di HMPS Pendidikan Biologi, meskipun demikian secara keseluruhan panitia mampu melaksanakan tugasnya dengan baik”, jelasnya. [Uli]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *